Pages

Jumat, 28 Mei 2010

tugas bahasa indonesia inferensi-implikasi-proposisi

1). a). Proposisi: Merupakan kalimat proposisi tidak nyata, karena kalimat ini terdapat pendapat seseorang.
b). Tidak Proposisi: Karena kalimat ini merupakan kalimat keinginan.
c). Proposisi: Merupakan kalimat proposisi nyata, karena kalimat ini dapat dibuktikan kebenarannya.
d). Tidak Proposisi: Karena kalimat ini terdapat kalimat perintah.
e). Proposisi: Merupakan kalimat proposisi nyata, karena kalimat ini dapat dibuktikan kebenarannya.
f). Tidak Proposisi: Karena kalimat ini terdapat kalimat harapan.
g). Tidak Proposisi: Karena kalimat ini terdapat kalimat Tanya.
h). Tidak Proposisi: Karena kalimat ini terdapat kalimat perintah.
i). Proposisi: Merupakan kalimat proposisi tidak nyata, karena kalimat ini merupakan kalimat kesimpulan.
j). Tidak Proposisi: Karena kalimat ini terdapat kalimat perintah.
k). Proposisi: Merupakan kalimat proposisi nyata, karena kalimat ini dapat dibuktikan kebenarannya.
l). Tidak proposisi: Karena kalimat ini terdapat kalimat harapan.

2). a). implikasi
b). inferensi
c). inferensi
d). implikasi
e). implikasi
f). implikasi

Selasa, 04 Mei 2010

MENGATASI MOBIL YANG TIDAK BISA DIHIDUPKAN

Jika mobil kesayangan anda tidak bisa dihidupkan atau tidak bisa di-starter, sebaiknya anda tidak perlu panik, hal ini berhubungan dengan masalah kelistrikan atau pengapian, berikut ini tips untuk mengatasinya :
Cek ketinggian level air accu. Seharusnya level air accu berada diposisi antara lower dan upper. Kemudian cek tegangan accu, sebaiknya diatas 12 volt DC, kemudian cek konektor accu dengan membersihkan dan mengencangkan baut-baut yang kendur agar tidak bad contact. Konektor yang sedikit kendur bisa menyebabkan mobil tidak bisa dihidupkan.
Bersihkan ujung rotor dari kerak dengan menggunakan amplas halus. Fungsi rotor adalah membagi tegangan tinggi untuk didistribusikan ke busi. Cek ketebalan platina, kira-kira 0,45 mm dengan fuller. Platina cukup dibersihkan bila kotor dengan amplas yang paling halus. Bersihkan busi dari kerak-kerak dan kerenggangan busi kira-kira 0,7mm. Setelah semua langkah diatas dilakukan, baru mobil dihidupakn kembali. Selamat mencoba.

KACA MOBIL SERING MELOROT DAN MACET

Masalah pertama kali jendela tidak bisa dibuka rasanya karena jalur/kanal kaca naik-turun terhambat oleh kotoran dan debu. Biasanya tanda-tanda kaca jendela terkesan berat untuk naik dan turun (kecepatan naik turunya lebih lambat dari biasanya), disemprotkan saja cairan yang mengandung silicon seperti yang digunakan untuk menghilangkan suara berderit pada engsel pintu.
Tujuannya, agar kotoran dan debu bisa lepas sekaligus melumasi jalanya kaca naik dan turun. Jika hal ini dibiarkan, bisa saja motor power window rusak dan berakibat kaca jendela tidak mau naik atau turun. Bukan itu saja, karena ada kemugkinan komponen mekanis yang mengatur gerakan naik atau turun ikut rusak, akibatnya kemungkinan kaca melorot sendiri, tentu merepotkan jika kita sedang memakir kendaraan kita jika hal ini terjadi.
Jangan mencoba mengakali pergerakan kaca jendela ini yang istilahnya cukup berat. Jika sudah rusak mekanis pergerakannya, sebaiknya diganti karena total biaya yang dikeluarkan plus waktu yang terbuang tidak sepadan dengan perbaikan/penggantian komponen yang langsung menyelesaikan masalah.

PERSENELING BERGETAR

Perseneling bergetar pada mobil dengan karburator, pada umumnya diikuti dengan sulitnya mesin untuk dihidupkan. Disamping itu, knalpot juga berbunyi seperti meletup-letup bahkan diikuti dengan asap hitam atau putih yang keluar. Untuk mengatsi hal tersebut, salah satunya yang paling utama adalah membuka kap mesin lalu mencari dimana posisi karburator berada. Lalu lihat:
1. Pipa plastic yang menyambung ke karburator ada yang copot atau tidak. Kalau ada, segera pasang. Biasanya pipa plastic ada yang copot karena sudah aus kepanasan.
2. Putaran angin, putar putaran angin ke titik nol atau dikeraskan sampai mobil bergetar (mobil dalam posisi hidup), lalu pelan-pelan diputar arah sebaliknya sampai mesin tidak bergetar, demikian pula perseneling. Lalu coba hidupkan AC. Mesin harus tidak bergetar, putar putaran angin sampai mesin benar-benar stabil. Selamat mencoba.
Hanya saja mesin bergetar tidak selalu akibat masalah pada karburator, bisa juga adanya masalah pada bagian pengapian. Akan tetapi, indikasi asap itu juga perlu dicatat oleh pembaca yang lain untuk mencari inti permasalahan yang dihadapi mesin bergetar.

TUJUH PROSES BATIK TRADISIONAL

Sehelai batik adalah perlambangan yang ditulis malam dalam alur canting. Walaupun digarap dengan alat tradisional, banyak orang yang sependapat bahwa batik tak lekang oleh masa dan mode. Dalam proses pembuatan batik tradissional yaitu batik yang menggunakan warna biru indigo dan soga, setidaknya ada tujuh tahapan yang menyertainya, antara lain :
1. Mbatik, yaitu membuat pola pada mori dengan menempelkan lilin batik menggunakan canting tulis.
2. Nembok, yaitu menutup bagian-bagian pola yang akan tetap dibiarkan berwarna putih dengan lilin batik.
3. Medel, yaitu mencelup mori yang sudah diberi lilin batik kedalam warna biru.
4. Ngerok dan Nggirah, yaitu menghilangkan lilin dari bagian-bagian yang diberi warna soga.
5. Mbironi, yaitu menutup bagian-bagian yang akan tetap berwarna biru dan tempat-tempat yang terdapat cecek.
6. Nyoga, yaitu mencelup mori kedalam larutan soga.
7. Nglorod, yaitu menghilangkan lilin batik dengan air mendidih.

POLA BATIK CEPLOK


Selain pola batik parang, batik dengan pola batik ceplok juga sangat diminati oleh masyarakat. Sebagian besar pola ceplok itu merupakan pola-pola batik kuno yang terdapat pada hiasan arca di Candi Hindu/Budha dengan bentuk kotak, lingkaran, binatang, bentuk tetutup serta garis-garis miring. Konon, dasar pola ceplok terdapat di arca Budha, antara lain Budha Mahadewa dari Tumpang dan arca Brkhuti dari Candi Jago.
Seperti yang dikutip dari sebuah situs, pola ceplok kuno Yogyakarta adalah dari Keraton Kotagede, Mataram sedangkan pola ceplok Surakarta diciptakan setelah pembagian Kerajaan Mataram menjadi dua. Kadang ada pola yang dinamakan sama tetapi polanya berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya, seperti pola ceplok Yogya kadang mempunyai nama sama dengan pola semen Surakarta, contohnya pola ceplok Kokrosono di Yogya kalau di Surakarta dikenal sebagai pola Semen.

MEMETIK MANFAAT DARI KOMUNITAS

Akhir pekan merupakan saat yang tepat untuk berganti teman. Jika sepanjang minggu waktu dihabiskan dengan rekan kerja, kini saatnya untuk meluangkan waktu dengan teman dan sahabat. Agar tetap produktif, akan lebih baik jika pertemuan tersebut diisi dengan kegiatan yang bermanfaat. Dewasa ini tumbuh subur komunitas berupa kumpulan orang yang memiliki kesamaan minat dan kegemaran. Terbentuknya komunitas kerap diawali komunikasi yang tidak disengaja, bertambah dan meluasnya jaringan, sehingga akhirnya terbentuk kelompok yang relative formal atau informal.
Setiap pekan selalu menghadirkan cerita tentang berbagai komunitas, mulai dari pecinta kuliner, pengumpul buku, penggemar grup musik, penggemar bis-bis dan masih banyak lainnya. Nyatanya, berbagai komunitas terus menjamur, bahkan terkadang hal-hal yang tidak terbayangkan sebelumnya. Pemanfaatan sarana komunikasi via internet semakin banyak tumbuhnya komunitas, baik berupa mailinglist atau forum-forum. Komunitas tumbuh secara alamiah karena setiap orang butuh untuk berbagi pengalaman dan informasi. Yang menyenangkan, hubungan antar-anggota dalam komunitas biasanya tidak formal, santai, namun bisa membahas apa saja. Biasanya menyangkut kiat atau siasat untuk mengatasi berbagai masalah atau untuk mengoptimalkan sesuatu.

BERPARTISIPASI MENEKAN DAMPAK PEMANASAN GLOBAL

Berpartisipasi menekan dampak pemanasan global yang berkolerasi dengan perubahan iklim bumi dapat dimulai dari rumah. Rumah merupakan sumber emisi gas rumah kaca, yang terutama bersumber dari pemakaian listrik. Cara yang paling mudah adalah dengan penghematan penggunaan listrik dirumah. Memang, seringkali karena tidak tahu atau tidak sabar, banyak energy listrik yang terbuang percuma.
Untuk menghemat listrik, anda harus tahu berapa banyak konsumsi energy listrik dirumah anatara lain dengan membiasakan menghitung konsumsi listrik tiap bulan. Setelah itu, cermati apa saja yang bisa ditekan penggunaannya dan buat target pemakaian. Bandingkan hasilnya pada bulan berikutnya.
Dengan membiasakan menghitung pemakaian listrik, anda dapat mengkontrol penggunaan energy dirumah agar tidak berlebihan. Program penghematan listrik pada rumah merupakan wujud kepedulian pada kebaikan bumi. Upaya sekecil apapun dapat mengurangi dampak pemanasan global yang semakin mengancam kelangsungan hidup anak cucu kita dimasa yang akan datang.

Minggu, 02 Mei 2010

BATIK MOTIF BUKETAN


Dalam dunia perbatikan, pola Buketan adalah salah satu pola yang banyak diminati kalangan muda. Berasal dari kata Bouquet yang berarti karangan bunga dalam bahasa Perancis dan Belanda, pola yang satu ini mudah dikenali dari rangkaian bunga atau kelopak bunga dengan kupu-kupu, burung atau berbagai satwa kecil yang mengelilinginya. Berbagi unsure tersebut tampil dalam susunan yang membentuk satu kesatuan yang selaras. Sehelai wastra pola Buketan biasanya mengandung lima atau enam ragam hias cantik tersebut.
Motif Buketan ini awalnya muncul didaerah batik pesisir, yang pada masa penjajahan Belanda banyak dipengaruhi oleh pengusaha batik asal Belanda dan Cina. Sebagian pola pada batik Belanda termasuk kedalam pola Buketan, seperti yang ada pada batik Buketan karya Van Zuylen

LISTRIK PRABAYAR

Layanan prabayar tak hanya berlaku untuk telepon genggam. Untuk mengontrol pemakaian listrik keluarga, PLN menyediakan produk listrik prabayar. Seperti telepon seluler, pelanggan bisa mengisi ulang apabila daya listrik dirumah hampir habis. Layanan ini ditenggarai bisa mendorong pelanggan aktif mengecek pemakaian listrik dirumah sehingga tidak ada lagi keluhan tagihan listrik yang melonjak. Petugas PLN pun tak perlu capek-capek mengecek meteran ke rumah-rumah.
Cara mendapatkannya…??? Gampang. Daftar aja ke PLN terdekat dan dalam beberapa hari petugas akan melakukan penyambungan. Untuk mengisi ulang listrik, pelanggan bisa datang ke PLN, beberapa bank terpilih dengan memanfaatkan SMS Banking dan nantinya “pulsa” listrik akan tersedia juga di minimarket. Kabarnya sih, harga bisa lebih murah daripada listrik regular karena palanggan tidak perlu bayar beban. Ragam harganya mulai dari Rp 20.000, Rp 50.000, hingga Rp 1 juta. Bisa menjamin enggak ya tidak ada pemadaman bergilir lagi…???

ANIMASI 3D

Istilah animasi berasal dari bahasa Yunani anima, yang artinya jiwa, hidup. Kata animasi dapat juga berarti memberikan hidup terhadap sebuah objek dengan cara menggerakkan objek gambar dengan waktu tertentu.
Pada awalnya animasi adalah merupakan sekumpulan gambar-gambar yang dikumpulkan menjadi satu dan dibuat seolah-olah bergerak. Namun seiiring kemajuan teknologi memungkinkan pembuatan animasi dapat dibuat di komputer. Animasi saat ini benar-benar bekembang, yang pada mulanya animasi kebanyakan diperuntukkan bagi anak-anak saja namun sudah bisa dinikmati oleh orang dewasa. Karena perkembangan dan teknologi yang begitu pesat, saat ini sudah banyak film-film animasi yang telah beredar luas dan film tersebut tidak hanya untuk anak-anak.
Perkembangan film animasi beberapa tahun belakangan ini tumbuh semakin pesat. Animasi yang ada saat ini merupakan pengembangan dari teknik-teknik yang sebelumnya sudah pernah dilakukan. Animasi bekerja dengan cara memindahkan frame ke frame berikutnya dimana dalam 1 detik animasi 24 frame yang disebut dengan 24 fps. Hingga saat ini banyak bermunculan studio animasi baik di Amerika maupun Indonesia. Animasi merupakan salah satu hiburan yang sangat menarik dan unik bagi masyarakat.

MENANTI KEMBALINYA KEJAYAAN BUS




Hingga paruh pertama era 1990-an, bus menjadi alat transportasi darat andalan di negeri ini. Krisis ekonomi yang melanda kemudian memukul pengusaha angkutan dan produsen sehingga pasar bus pun lesu darah. Pulihnya kondisi ekonomi tiak serta-merta membangkitkan kembali pasar kendaraan niaga ini. Produksi bus sempat mencapai 1500 unit per tahun. Kemudian terpukul krisis dan maraknya penerbangan murah. Sejumlah kecelakaan penerbangan membuat orang kembali melirik bus.
Masa depan sarana angkutan darat masal ini semakin cerah seiring dengan program pemerintah di sector infrastruktur untuk membangun sejumlah ruas tol. Indicator pertumbuhan ekonomi dan program pemerintah mempercepat pembangunan infrastruktur membuka peluang bagi industry kendaraan niaga, terutama bus dan truk. Melihat sinyal positif tersebut, Mercedes-Benz meluncurkan produk terbarunya, Chassis bus OH 1521, berselang melepas “sang kakak”, OH 1526, ke pasaran. Bus OH 1521 bermesin 4 silinder berstandar Euro 3 ini diunggulkan karena tiga unsur: hemat bahan bakar, ramah lingkungan, dan tenaga mesin dengan torsi 740 Nm yang lebih besar dibandingkan dengan kendaraan niaga lain dikelasnya.
Tenaga mesin OH 1521 yang bervolume 4800 cc ini terasa saat tanpa kesulitan melahap jalur tanjakan, mengimbangi OH 1526 yang volume mesinnya lebih besar. Produk anyar ini dengan mudah menyalip sesame angkutan umum ditanjakan. Peluncuran OH 1521 menguatkan ambisi Mercedes-Benz memimpin pasar industry kendaraan niaga bus mewah. Chassis OH 1521 off the road dilepas ke pasaran dengan harga Rp 599 juta.