Pages

Selasa, 13 April 2010

SEJARAH PERPUS


Perpustakaan berasal dari kata pustaka yang menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia karangan WJ Purwadarminta artinya buku. Sementara perpustakaan artinya kumpulan buku, bacaan, dan lain sebagainya. Dalam bahasa Inggris, library (perpustakaan) berasal dari bahasa Romawi, librarium, yang terdiri dari kata liber berarti buku dan armarium yang artinya lemari. Jika dilihat dari asal katanya librarium, lemari lemari yang didalamnya terdapat buku-buku.
Menurut The Oxford English Dictionary, kata library atau perpustakaan mulai digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1374. Artinya, sebuah tempat dimana buku-buku diatur untuk dibaca, dipelajari dan dipakai sebagai bahan rujukan. Pengertian perpustakaan ini pada abad ke-19 berkembang menjadi suatu gedung, ruangan, atau sejumlah ruangan yang berisi koleksi buku yang diperihara dengan baik dan dapat digunakan oleh masyarakat atau golongan masyarakat tertentu.
Pada tahun 1970, The American Library Asociation menggunakan istilah perpustakaan untuk suatu pengertian yang luas, termasuk pengertian pusat media, pusat belajar, pusat sumber pendidikan, pusat informasi, pusat dokumentasi dan pusat rujukan. Dalam pengertian terbaru disebutkan, perpustakaan adalah salah satu saran pelestarian bahan pustaka\ dan mempunyai fungsi sebagai sumber informasi ilmu pengtahuan, teknologi, dan kebudayaan yang berfungsi mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional.

0 komentar:

Posting Komentar